BERITA

Dankor Brimob Terima 196 Personil Diktuk Tamtama 46 dengan Ritual Tradisi Kebesaran



DEPOK  – Komandan Korps Brimob Polri Irjen Pol. Drs. Anang Revandoko, menggelar tradisi penerimaan ratusan personel lulusan Pendidikan Pembentukan (Diktuk) Tamtama Angkatan 46 Pusat Pendidikan Brimob 2019 di Mako Korps Brimob Kelapa Dua, Cimanggis, Depok, Selasa (10/12/2019) siang.

Sebanyak 196 personel lulusan Tamtama Angkatan 46 tersebut diterima dalam satu upacara apel tradisi, yang  dimulai dengan memasuki gerbang utama Korbrimob, bersama iringan Marching Band Resimen II Pasukan Pelapor.

“Setelah itu para prajurit baru ini  ke depan Patung Jiwa Ragaku Demi Kemanusiaan,  lanjut para tamtama remaja ini cium bumi Kelapa Dua. Lantas, tradisi siraman,  dan terakhir memberi hormat serta mencium  Pataka Korps Brimob Polri Satya Sakti Yanottama,” ujar Dankor Brimob Irjen Pol Anang dalam keterangan persnya usai acara.

Irjen Pol Anang Revandoko-(angga)

Menurut Irjen Anang, makna dan tradisi yang diawali masuk gerbang Kesatriaan ialah melambangkan ksatria yang gagah perkasa dan memiliki budi pekerti yang luhur. Sedangkan untuk tradisi cium bumi melambangkan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa serta santun dan rendah hati.

“Tradisi siraman air bunga melambangkan penyucian diri dan kesiapan melaksanakan tugas dengan tulus dan ikhlas, dan terakhir tradisi hormat dan mencium Pataka Korps Brimob Polri Satya Sakti Yanottama melambangkan ikrar insan Brimob Polri untuk selalu menjunjung tinggi kehormatan melalui etika dan jati diri Brimob,” tuturnya.

Sebagai orang nomor satu di jajaran pasukan elite Polri Brimob Irjen Anang berpesan  kepada 196 personel Tamtama Remaja dapat memberikan pengabdian untuk bagian dari keluarga besar Korps Brimob Polri.

“Untuk memperoleh hasil yang maksimal dari acara tradisi ini, saya mengharapkan agar seluruh personel baru tamtama remaja lulusan tahun 2019 untuk dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan ini dengan sungguh-sungguh dan tetap semangat,” katanya.

“ Tidak ada niatan senior-seniormu untuk membuat kalian sengsara dan menderita, justru kami semua senior-seniormu, menganggap kalian sebagai adik kandung Korps brimob Polri. Kehadiran kalian merupakan darah segar bagi kami dalam menjalankan tugas pokok menjaga keamanan dalam negeri,” tandasnya. 

Posting Komentar

0 Komentar