Indonesia - Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memutuskan untuk menggratiskan 134,5 kilometer jalan tol selama hari raya Natal hingga liburan tahun baru 2020. Jalan tol tersebut masih dalam tahap konstruksi, sehingga akan dioperasikan secara fungsional.

Demikian diungkapkan Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono.

“Itu (134,5 kilometer) kalau fungsional, nggak ada tarifnya. Gratis,” kata Basuki, usai menghadiri rapat kerja dengan Komisi V DPR, Senayan, Jakarta Selatan, Sabtu (7/12/2019). Turut hadir dalam Raker tersebut antara lain Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga, Sugiyartanto.

Fasilitas tersebut tersebar di beberapa lokasi. Berdasarkan data dari Direktorat Jenderal Bina Marga, tol yang dapat digunakan masyarakat saat libur Natal dan tahun baru tanpa tarif adalah mulai dari Tol Kayu Agung – Palembang – Betung sepanjang fungsional sepanjang 33 kilometer. Kemudian ruas Tol Pekan Baru – Dumai fungsional sepanjang 9,5 kilometer.

Selain itu, tol di Kalimantan, ruas Tol Balikpapan – Samarinda, yang akan difungsionalkan sepanjang 66 kilometer. Kemudian ada tol Manado – Bitung, yang difungsionalkan sepanjang 26 kilometer, yang mana ruas tersebut sudah bisa digunakan untuk seksi 1 dari Manado ke Danowudu.

Adapun untuk wilayah yang terintegrasi dengan ruas tol Trans Jawa sepanjang 1.002 kilometer, yakni Jakarta – Cikampek II Elevated sepanjang 36 kilometer dan Kunciran–Serpong sepanjang 11 kilometer, juga difungsikan.

PUPR membuka ruas tol Jakarta Cikampek II atau elevated (layang) pada 15 Desember. Tol layang terpanjang di Indonesia itu juga akan beroperasi secara gratis selama libur Natal dan tahun baru ini.

“Gratis sampai selesai libur tahun baru atau 6 Januari. Besaran tarifnya, kami masih diskusi,” ujar Basuki.