BERITA

Atasi Banjir, DKI Gelar Kerja Bakti Massal Akhir Pekan Ini


JAKARTA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan menggelar kerja bakti masal untuk mengatasi banjir yang kerap melanda ibu kota ketika datang musim penghujan. Kegiatan ini akan melibatkan semua Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemprov DKI Jakarta.

Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta, Saefullah, mengatakan kerja bakti ini akan dilaksanakan pada Minggu (22/12/2019). Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan akan memantau langsung kegiatan kerja bakti ini.

“Hari Minggu besok kita mau kerja bakti besar melibatkan semua komponen kita di provinsi (Pemprov DKI), pak gubernur juga memonitor,” kata Saefullah di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (18/12/2019).

Kerja bakti akan dilaksanakan di sejumlah titik yang kerap terjadi genangan air ketika diguyur hujan deras. Kegiatan gotong royong ini akan membersihkan sejumlah saluran air agar tidak terjadi penyumbatan sehingga tidak ada lagi genangan atau banjir.

“Sasarannya adalah yang menjadi genangan, kenapa genangan? mungkin tali airnya, mungkin mulut airnya, mungkin bak kontrolnya, atau mungkin salurannya itu yang mau kita kejar mau kita telusuri (penyebab genangan) supaya kalau ada debit hujan besar tidak terjadi lagi,” ujar Saefullah.

Kegiatan ini, lanjut Saefullah, bukan lagi bentuk evaluasi melainkan kerja di lapangan menyelesaikan sumber masalah, kerja bakti dinilai lebih efektif. Diharapkan genangan air yang cukup parah pada Selasa (17/12/2019) tidak akan terulang lagi.

“Kemarin kan cukup besar tuh (genangan air) walaupun durasinya pendek (cepat surut), kita enggak tahu ke depan mau ada intensitas hujan seperti apa durasinya kita juga enggak tahu jadi kita antisipasi. Ini kan action lapangan bukan evaluasi,” tandas Saefullah. 

Posting Komentar

0 Komentar