BERITA

Chelsea Dipermalukan Southampton di Stamford Bridge


Chelsea dipermalukan Southampton 0-2 di kandang sendiri, Stadion Stamford Bridge dalam laga Premier League pekan ke-19  di Stadion Stamford Bridge, Kamis (26/12/2019). Gol yang membuat The Blues gagal menambah poin di kandang sendiri dilesakkan Michael Obafemi pada menit ke-31 dan Nathan Redmond pada menit ke-73.

Meski kalah untuk ketujuh kalinya, Chelsea belum tergeser dari posisi keempat klasemen Premier League. Mereka berada di urutan keempat setelah Liverpool, Leicester City, dan Manchester City. Saat ini pasukan Frank Lampard masih mengantongi 32 poin.

Chelsea masih unggul tiga poin atas tim yang berada di urutan kelima, Tottenham Hotspur yang menang 2-1 atas Brighton and Hove Albion.


Sementra bagi Southampton, ini merupakan kemenangan keenam mereka. Mereka masih berkutat di urutan ke-14 dengan raihan 21 poin. 

Dalam laga Boxing Day ini, Manajer Chelsea Frank Lampard mengusung formasi 3-4-2-1. Dia menunjuk Tammy Abraham sebagai striker tunggal di barisan depan.


Penyerang muda ini ditopang Willian dan Callum Hudson-Odoi. Antonio Ruediger, Kurt Zouma, dan Fikayo Tomori menjadi benteng di tengah pertahanan. Sementara empat pemain tengah akan diisi Cesar Azpilicueta, N'Golo Kante, Jorginho, dan Emerson.

Di kubu Southampton, manajer Ralph Hasenhuttl mengusung formasi klasik 4-4-2. Duet Che Adams dan Michael Obafemi menjadi andalan di lini depan. Mereka dibantu Stuart Armstrong, James Ward-Prowse, Pierre-Emile Højbjerg, dan Nathan Redmond.

Chelsea melakukan tekanan ke gawang Southampton melalui Fikayo Tomori pada menit ke-22. Pemain kelahiran Kanada ini melepaskan sundulan memanfaatkan umpan silang Callum Hudson-Odoi. Sayang tandukan pemain asal Jepang ini berhasil diselamatkan kiper Southampton Alex McCarthy.

Menit ke-24 giliran Southampton membuat peluang. Kali ini melalui Michael Obafemi yang memanfaatkan peluang dari tengah kotak penalti. Namun upaya pemain Republik Irlandia ini memanfaatkan umpan silang James Ward-Prowse diblok.

Meski kalah dalam penguasaan bola. Southampton justru unggul lebih dulu atas Chelsea. Gol yang membawa pasukan Ralph Hasenhuettl unggul dilesakkan Michael Obafemi pada menit ke-31.

Gol berawal dari sodoran Pierre-Emile Højbjerg menyusul serangan balik. Obafemi kemudian membawa bola mendekati gawang. Dari luar kotak penalti dia melepaskan tendangan ke pojok kanan atas gawang Chelsea. Kiper Kepa pun tak mampu menjangkaunya.

Skor 1-0 untuk keunggulan tim tamu bertahan hingga babak pertama usai. 

Memasuki awal babak kedua, Chelsea langsung menekan. Sebuah peluang terjadi ketika Tammy Abraham mendapat bola di dekat gawang Southampton. Namun tendangan kaki kanan nan keras hanya melesak ke jaring luar sisi kiri gawang tim tamu.

Tak berapa lama, Southampton yang memiliki peluang. Nathan Redmond berhasil masuk ke kotak penalti Chelsea dan melepaskan umpan menyusur tanah. Namun Michael Obafemi terlambat memanfaatkan meski bola lewat di depan gawang. 

Chelsea kembali mendapat peluang pada menit ke-54. Callum Hudson-Odoi melepaskan tendangan dari luar kotak penalti. Namun tendangan yang dilepaskan setelah mendapat sodoran dari Willian, terbang di atas mistar.

Dua menit kemudian, Chelsea mendapat kesempatan. Mendapat sodoran dari N'Golo Kante, Callum Hudson-Odoi melepaskan tendangan kaki kanan dari sisi kiri kotak penalti, Namun tendangannya berhasil diblok lawan.

Menit ke-64 Southampton nyaris menambah keunggulan. Dengan kecepatannya, Nathan Redmond berhasil merangsek ke kotak penalti Chelsea. Namun tendangan Redmond berhasil dimentahkan kiper Kepa Arrizabalaga.

Untuk menajamkan serangan Lampard kemudian menarik Callum Hudson-Odoi dan mengantinya dengan Christian Pulisic pada menit ke-67. 

Meski mendominasi penguasaan bola, Chelsea justru kebobolan lagi pada menit ke-73. Kali ini Nathan Redmond yang berhasil mencetak kedua timnya.

Gol berawal dari upaya Redmond yang membawa bola hingga ke kotak penalti Chelsea. Upaya pemain bernomor punggung 22 ini sebenarnya dihalangi kiper Kepa. Namun Redmond berhasil mengatasinya dan melepaskan bola ke mulut gawang. Southampton pun unggul 2-0.

Skor 2-0 untuk tim tamu bertahan hingga pertandingan usai. Chelsea pun gagal meraih poin untuk ketujuh kalinya.

Susunan pemain:

Chelsea (3-4-2-1): 1 Kepa Arrizabalaga; 2 Antonio Rüdiger, 15 Kurt Zouma (19 Mason Mount 46), 29 Fikayo Tomori; 28 Cesar Azpilicueta, 7 N'Golo Kanté, 5 Jorginho, 33 Emerson; 10 Willian (11 Pedro Rodriguez 84), 20 Callum Hudson-Odoi (22 Christian Pulisic 67); 9 Tammy Abraham

Southampton (4-4-2): 1 Alex McCarthy; 2 Cédric Soares, 35 Jan Bednarek, 5 Jack Stephens, 21 Ryan Bertrand; 17 Stuart Armstrong (14 Oriol Romeu Vidal 86), 16 James Ward-Prowse, 23 Pierre-Emile Højbjerg, 22 Nathan Redmond; 10 Che Adams (19 Sofiane Boufal 80), 20 Michael Obafemi (9 Danny Ings 69).

Posting Komentar

0 Komentar