BERITA

Mantan Wakil PU Pos Kota Pertahankan Disertasi di Program Doktor Kriminologi UI



DEPOK - Mantan Wakil Pemimpin Umum Harian Pos Kota Bagus Sudarmanto mendapatkan gelar Doktor Program Studi Kriminolog dalam sidang promosi Doktor di Gedung Auditorium Juwono Sudarsono FISIP, Universitas Indonesia, Depok, Rabu (8/1/2020).

Dalam sidang promosi Doktor kepada Bagus Sudarmanto, mengambil tema disertasi tentang Perilaku Sibernomie dan Tindakan Persekusi di Era Post-Truth (Kuasa Media Sosial Dalam Perspektif Kriminologis).

Sebagai tim penguji dalam promosi doktor ini yaitu Prof Isbandi Rukminto Adi, M.Kes, Ph.D, Promotor; Prof.Adrianus Eliasta Meliala,Ph.D, Ko-Promotor; Dr.Iqrak Sulhin, M.Si dibantu dengan sejumlah anggota yaitu Prof (riset) Hermawan Sulistyo, PhD,  DR Eriyanto, MSi, DR Vinita Susanti, MSi, DR Arthur Josias Simon Runturambi, MSi.

Bagus mengaku  dalam disertasi ini mengangkat tema bersangkutan kasus selama Pilkada tahun ini dalam kejahatan ujaran kebencian melalui media sosial.

"Berdasarkan data kasus ujaran kebencian dari Mabes Polri ada sebanyak 1.350 kasus laporan seputar ujaran kebencian berpotensi memicu SARA sehingga dapat mudah menanti persepsi yang berfungsi ke hal negatif," ujarnya dalam penyampaian isi disertasi  kepada tim penguji.

Dalam kebenaran rekayasa, emosi dan tafsir ekonomi yang diyakini merupakan postur arafiah dari pasca kebenaran.

"Di Indonesia banyak marak pada masa Pilkada baru ini yaitu banyak beredar informasi yang bersifat menistakan, memprovokasi, menghasut. Dan kebanyakan korban dalam hal ini adalah upaya menggugah konten tersebut melalu media sosial," tambahnya.

Karier Wartawan

Bagus Sudarmanto kelahiran Denpasar 16 Juli 1957 yang memulai karirnya sebagai wartawan di Harian Pos Kota dari 1979. Berbagai jabatan sempat dipegangnya di surat kabar yang sudah berusia 47 tahun itu.

Tahun 2009 - 2013, ia menjabat Wakil Pemimpin Umum Harian Pos Kota,  dan tahun 2013 Pjs Pemimpin Umum Harian Pos Kota.

Berbagai jabatan penting juga pernah disangdangnya dalam grup media tersebut. Pemimpin Redaksi Harian Terbit (1993-1995) dan Pemimpin Redaksi Tabloid AKSI(1996-1999).

Bagus mengenyam pendidikan di Sekolah Tinggi Publisistik Jakarta (Lulus Sarjana Muda  1983), kemudian dilanjutkan ke Universtas 17 Agustus 1945 Jakarta (Lulus Tahun 2000).

Ia melanjutkan Pascasarjana Jurusan Kriminologi FISIP Universitas Indonesia (Lulus 2008), Studi Program Doktor Ilmu Komunikasi di Sekolah Pascasarjana Usahid Jakarta (2013- 2017), dan Studi Program Doktor Ilmu Kriminologi di FISIP Universitas Indonesia (2014 -Sekarang). 

Posting Komentar

0 Komentar