BERITA

Awas! Beauty Blender Bisa Tularkan Penyakit Mematikan


Sebuah penelitian mengklaim bahwa beauty blender dan produk makeup lainnya bisa menjadi tempat berkembangbiaknya bakteri mematikan.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Aston, Amerika Serikat, bakteri mematikan telah ditemukan dalam produk makeup populer.

Studi ini menunjukkan bahwa sebagian besar produk makeup yang digunakan seperti beauty blender, maskara, dan lip gloss, ditemukan telah terkontaminasi superbug yang berpotensi mengancam jiwa.

" Produk makeup yang digunakan setiap hari oleh jutaan orang di Inggris terkontaminasi oleh su-perbug yang berpotensi mematikan, seperti E.coli dan Staphylococci," kata pemimpin penelitian Amreen Bashir dari Universitas Aston.


Bashir menambahkan, bakteri tersebut bisa hidup di produk makeup karena sebagian besar tidak pernah dibersihkan atau digunakan jauh melampaui tanggal kedaluwarsa.

Meskipun sebagian besar jenis E. coli tidak berbahaya, beberapa di antaranya dapat menyebabkan diare disertai darah, bahkan gagal ginjal dan kematian.

Studi yang telah dipublikasikan dalam Journal of Applied Microbiology menyebutkan bahwa bakteri yang dapat menyebabkan penyakit mulai dari infeksi kulit hingga keracunan darah jika digunakan di dekat mata, mulut atau luka terbuka itu ditemukan pada sembilan dari sepuluh pro-duk makeup yang diteliti.


Risiko ini diperbesar pada orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lebih rentan tertular infeksi dari bakteri.

Dalam melakukan studi, para peneliti mengamati beauty blender - spons makeup yang sangat populer digunakan untuk memadukan foundation dan membentuk wajah.

Beauty blender memiliki tingkat kandungan bakteri berbahaya yang paling tinggi.

Sebagian besar (93 persen) disebabkan karena tidak pernah dibersihkan. Sementara lebih dari dua pertiga (64 persen) karena jatuh di lantai saat digunakan.

Menariknya, alat ini sering kali dipromosikan oleh para selebriti. Menurut perkiraan, sebanyak 6,5 juta beauty blender telah terjual di seluruh dunia.

Para peneliti menemukan produk makeup ini sangat rentan terhadap kontaminasi karena sering dibiarkan dalam kondisi lembab setelah digunakan.

Inilah yang menyebabkan beauty blender menjadi tempat berkembang biak yang ideal untuk bakteri berbahaya.

" Faktor kebersihan yang buruk dalam penggunaan makeup, terutama beauty blender, sangat mengkhawatirkan. Kami menemukan bakteri seperti E.coli - yang terdapat pada feses - berkem-bang biak pada produk yang kami uji," kata Bashir.

Studi ini menyarankan produsen dan badan pengawas harus berbuat lebih banyak untuk melin-dungi konsumen.

Misalnya dengan membuat tanggal kedaluwarsa dan petunjuk cara membersihkan produk lebih terlihat pada kemasan.



Posting Komentar

0 Komentar