Korps Sukarela Bina Sarana Informatika (KSR BSI) dan PMI Jakarta Barat ambil bagian dalam Rapat Koordinasi Nasional Penanggulan Bencana 2020 bersama Badan Nasional Penanggulan Bencana (BNPB) di Sentul International Convention Center (SICC)  Cipambuan, Kecamatan Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat, kemarin. 

Dengan  mengusung tema Penanggulangan Bencana Urusan Bersama, Rakornas tersebut mengajak seluruh elemen yang tergabung dalam penta-helix, seperti pemerintah, pengusaha, masyarakat, akademisi serta media massa untuk berdiskusi dalam penanggulangan bencana di Indonesia. 

Rakornas juga melibatkan seluruh BPBD provinsi dan kabupaten kota se-Indonesia. Presiden Joko Widodo hadir memberikan arahan dalam penanggulangan bencana dan mengajak seluruh unsur untuk memulai gerakan menanam Vetiver (akar wangi) sebagai bentuk pencegahan bencana banjir dan tanah longsor yang kerap terjadi.

Presiden Jokowi juga meminta kepada seluruh daerah agar tidak hanya berfokus pada infrastruktur untuk menanggulangi bencana, namun juga memperhatikan ekologi yang harus diperbaiki.

"Semua pihak agar dapat membangun komitmen dan kesadaran bahwa pencegahan dan penanggulangan bencana adalah urusan bersama," tandasnya. 

Irwin Ananta, selaku Pembina KSR UBSI menuturkan sangat bangga bisa berpartisipasi dalam acara tersebut.

“Mendukung setiap langkah-langkah KSR UBSI untuk senantiasa menjadi lebih progresif dalam mengimplementasikan identitasnya sebagai relawan pada setiap kegiatan yang selaras dengan visi, misi dan program kerjanya termasuk dalam hal permasalahan seputar penanggulangan bencana pada kegiatan seminar nasional ini," beber Irwin Ananta.